Visi, Misi, Dan Tujuan Jurusan Akhwalu Al Syakhsiyah STAI al-Furqan


VISI, MISI, DAN TUJUAN JURUSAN AKHWALU AL SYAKHSIYAH (AS)

A.            VISI
Menjadi Jurusan/Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang Hukum Keluarga Islam yang memiliki akhlak al karimah, berwawasan luas dan profesionalyang dilandasi dengan nilai-nilai al Qur’an al Karim.
B.            MISI
1.            Mengantarkan mahasiswa memiliki akhlak al karimah, berwawasan luas dan professional pada bidang Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah).
2.            Menyelenggarakan program pendidikan yang unggul dalam ranah ilmu Hukum keluarga Is;lam (Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah) dan dapat mengembangkan keterampilan dan profesi di bidang Hukum Keluarga Islam.
3.            Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian keilmuan syariah khususnya bidang hukum keluarga (Al-Ahwal Syakhshiyyah) yang tengah berkembang di masyarakat.
4.            Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil  pembelajaran dan penelitian khususnya dalam ranah hukum keluarga, sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara.
5.            Mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi terutama di bidang Hukum Keluarga  Islam(Al-Ahwal Syakhshiyyah).
C.            TUJUAN
1.            Tujuan Umum
Membentuk sarjana pendidikan muslim yang berakhlak al karimah, berwawasan luas, dan  professional dalam ilmu Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Syakhshiyyah).
2.            Tujuan Khusus
1.            Mewujudkan Sarjana Hukum Islam yang mampu dan terampil dalam menganalisis persoalan-persoalan Hukum Islam yang berkembang di masyarakat serta memiliki sikap proaktif dan terbuka dalam menghadapi perkembangan masyarakat.
2.            Menghasilkan sarjana yang menguasai da¬sar-dasar ilmiah sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan, dan merumuskan permasalahan yang ada kaitan¬nya dengan hukum keperdataan Islam.
3.            Menghasilkan praktisi dalam bidang Hukum Keluarga Islam(Al-Ahwal Al-Syakhshiyyah) yang memiliki keunggulan kompetitif dalam persaingan global.
D.            SASARAN
1.            Tercapainya mutu dan kompetensi lulusan.
2.            Tercapainya peningkatan mutu kelembagaan di bidang Syariah/hukum Islam, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
3.            Tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.
4.            Tercapainya peran Prodi Ahwal As-SyakhsiyahSTAI Al-Furqan  dalam mewujudkan sivitas akademika yang dapat menjadi teladan dalam rangka melaksanakan Hukum Islam (syariah)
5.            Tercapainya peningkatan mutu tata kelola (good governance) dalam sistem manajemen/pengelolaan.
6.            Tercapainya peningkatan kerja sama antara lembaga pemerintah dan non pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *