Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan Dakwah – Bimbinagan Dan Penyuluhan Islam (BPAI) STAI al-Furqan


Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan Dakwah – Bimbinagan Dan Penyuluhan Islam (BPAI) STAI al-Furqan
A.            VISI
Menjadi Program Studi Yang Unggul dan Terkemuka dalam Pengkajian dan Pengembangan ilmu dakwah Yang Dilandasi Dengan Nilai-Nilai Qur’ani.
B.            MISI
1.            Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan ilmu dakwah dengan ilmu terkait  dalam pendidikan dan pengajaran Al Qur’an al Karim.
2.            Melakukan dan mengembangkan penelitian Dakwah untuk kepentingan akademik dan masyarakat.
3.            Meningkatkan peran serta dalam membangun Bangsa dan Negara.
4.            Memperluas kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi  di bidang Dakwah.
C.            TUJUAN
1.            Tujuan Umum
Secara umum tujuan  Fakultas Dakwah bermuara pada upaya pengembangan manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, profesional, religius, dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Secara rinci tujuan itu adalah:
a.            Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana ilmu dakwah yang berkemampuan akademik dan profesional serta mampu menerapkan keahlian berdakwah dalam masyarakat.
b.            Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana ilmu dakwah yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap masalah sosial kemasyarakatan.
c.             Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana ilmu dakwah yang menghargai nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan.
2.            Tujuan Khusus
Secara khusus Fakultas Dakwah menyiapkan sarjana yang memiliki kemampuan dan keterampilan bidang  Bimbingan dan Penyuluhan kepada masyarakat yang terkait dengan ilmu agama dan kesejahteraan masyarakat
D.            SASARAN
1.            Tercapainya mutu dan kompetensi lulusan.
2.            Tercapainya peningkatan mutu kelembagaan di bidang dakwah, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
3.            Tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.
4.            Tercapainya peran Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam di jurusan Dakwah STAI Al-Furqan  dalam mewujudkan sivitas akademika yang dapat menjadi teladan dalam rangka melaksanakan dakwah Islam
5.            Tercapainya peningkatan mutu tata kelola (good governance) dalam sistem manajemen/pengelolaan.
6.            Tercapainya peningkatan kerja sama antara lembaga pemerintah dan non pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *