Visi, Misi, dan Tujuan Jurusan Pendidikan Agama Islam (Pai) STAI Al-Furqan


VISI, MISI, DAN TUJUAN JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) STAI al-Furqan
A.            VISI :
Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam terkemuka dan unggul dalam penyelenggaraan pendidikan yang mengembangkan dan mengintegrasikan aspek keislaman, keilmuan, kemanusiaan dan ke-Indonesia-an yang berlandaskan kepada nilai-nilai Al Qur’an al Karim 
B. MISI
1.            Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam bidang pendidikan agama Islam secara profesional, akuntabel yang berlandaskan kepada nilai-nilai Al-Qur’an al Karim.
2.            Mengembangkan penelitian dalam bidang pendidikan agama Islam yang kompetitif, inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat global
3.            Melakukan pemberdayaan masyarakat berbasis kepada nilai-nilai Al-Qur’an al Karim di bidang pendidikan agama Islam.
4.            Mengadakan kerjasama dengan berbagai pihak sebagai perwujudan Tridharma Perguruan Tinggi terutama di bidang Pendidikan Agama Islam.
C.            TUJUAN
1.            Tujuan Umum
Membentuk sarjana pendidikan muslim yang ahli dalam ilmu pendidikan dan tenaga kependidikan Agama Islam yang professional dan berkarakter Qur’ani.
2.            Tujuan Khusus
1.            Membentuk calon tenaga pendidik dalam bidang ilmu Pendidikan Agama Islam
2.            Mendidik calon tenaga peneliti khususnya  di bidang ilmu Pendidikan Agama Islam dan penelitian interdisipliner.
3.            Mendidik calon tenaga ahli dalam Ilmu Pendidikan Islam yang berkualitas,mampu berfikir secara kritis,integratif dan interkonektif,sehingga dapat menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dalam masyarakat.
D.            SASARAN
1.            Tercapainya mutu dan kompetensi lulusan.
2.            Tercapainya peningkatan mutu kelembagaan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
3.            Tercapainya peningkatan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia.
4.            Tercapainya peran Prodi Pendidikan Agama Islam pada jurusan Tarbiyah STAI Al-Furqan  dalam mewujudkan sivitas akademika yang dapat menjadi teladan dalam rangka melaksanakan pendidikan Islam
5.            Tercapainya peningkatan mutu tata kelola (good governance) dalam sistem manajemen/pengelolaan.
6.            Tercapainya peningkatan kerja sama antara lembaga pemerintah dan non pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *