Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam pada Murid Kelas V SDN 22 Tondongkura Kecamatan Tondong Tallasa Kabupaten Pangkep (Ardi Wijaya dan Nurfadilah)

Kesimpulan yang lebih rinci berkaitan dengan penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar PKn pada murid kelas III SD Negeri Aroeppala Kota Makassar sebagai berikut:
1. Berdasarkan data yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa secara umum hasil belajar PKn murid kelas III SD Negeri Aroeppala Kota Makassar sebelum diterapkan model pembelajaran role playing dikategorikan rendah. Hal ini ditunjukkan pada perolehan presentase hasil belajar murid dengan kategori sangat rendah yaitu 34,37 %, rendah 25 %, sedang 12,5 %, tinggi 9,38 %, dan sangat tinggi berada pada presentase 18,75 %.
2. Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa secara umum model pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar PKn murid kelas III SD Negeri Aroeppala Kota Makassar. Hal ini ditunjukkan pada perolehan presentase hasil belajar murid dengan kategori sangat tinggi 43,75 %, tinggi 15,62 %, sedang 9,38 %, rendah 12,5 %, dan sangat rendah berada pada presentase 18,75 %.
3. Berdasarkan uji hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role playing berpengaruh terhadap hasil belajar PKn murid kelas III SD Negeri Aroeppala Kota Makassar setelah diperoleh thitung = 3,67 dan ttabel = 2,04, maka diperoleh thitung > ttabel atau 3,67 > 2,04.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *