NIKMAT TUHAN MU YANG MANA LAGI YANG ENGKAU DUSTAKAN

Kamaruddin, S.Pd.I., M.Pd.
Kepala Bagian Umum dan HuMas STAI AL-FURQAN MAKASSAR

NIKMAT TUHAN MU YANG MANA LAGI YANG ENGKAU DUSTAKAN
Oleh : Kamaruddin

Pada masa dinasti Bani Abbasiyah, ada seorang Khalifah yang sangat terkenal ketika itu, beliau bernama Harun Al-Rasyid. Suatu hari beliau duduk bercengkrama dengan seorang penasehatnya yang bernama Ibnu Samak, lalu khalifah berkata ; “wahai Ibnu Samak, berikan saya satu nasehat”, Lalu Ibnu Samak berkata, yang ketika itu beliau sedang memegang gelas berisi air, “Wahai khalifah, sekiranya air yang ada didalam gelas ini engkau tidak bisa meminumnya, karena tersumbat tenggorokanmu, ada peradangan disana… Nah.., apakah engkau rela menukarkannya dengan separuh dari kekuasaan yang engkau miliki supaya sembuh…?”

Khalifah langsung menjawab; “Tentu saja..”, lalu Ibnu Samak bertanya lagi, “Wahai Khalifah, sekiranya air yang sudah engkau minum tidak bisa keluar, karena yang tersumbat sekarang adalah pencernaanmu, nah… apakah engkau rela lagi menukarkannya dengan sisa dari separuh kekuasaan yang engaku miliki…?”

Khalifah geleng-geleng kepala… karena beliau harus menjawab “Tentu saja”..

Karena kalau dipikir-pikir, apa arti kekuasan, pangkat dan jabatan kalau tidak sehat… tentu tidak bisa dinikmati. Nah… sekiranya ini terjadi, maka habislah harta khalifah, hanya untuk melancarkan jalur tenggorokan dan pencernaannya.

Saudaraku sekalian, itu baru satu nikmat, yaitu NIKMAT SEHAT yang Allah swt berikan, sudah tidak bisa kita tukar dengan harta, kekuasaan, pangkat dan jabatan kita. Kenapa masih banyak diantara kita yang tidak mau bersyukur. Maka nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang engkau dustakan…

“Ada-ada asiparingngerangeng”

Penulis : Kamaruddin
Editor : Muhammad Yusuf Putra

l STAI Al-Furqan Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *