Jalin Kerjasama, STAI Al-furqan Berkunjung ke IAIM Sinjai

dok: kunjungan-kampus

Makassar – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-furqan Makassar melakukan kunjungan serta silaturrahmi sekaligus menjajaki kerjasama dengan Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai di Jl. Sultan Hasanudin No. 20, Balangnipa, Sinjai Utara, Kab. Sinjai, pada hari Jumat, (11/09/2021).

Dalam kunjungan tersebut, IAI Muhammadiyah Sinjai resmi menandatangani nota kesepamahan atau Memorandum of Understanding. Dalam kesepakatan tersebut, keduanya bersepakat memperkuat tri dharma perguruan tinggi.

Tridharma Perguruan Tinggi yang selanjutnya disebut Tridharma adalah kewajiban Perguruan Tinggi untuk menyelenggarakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat (UU No. 12 Tahun 2012, Pasal 1 Ayat 9).

dok: penandatanganan MoU

Dalam obyek kesepakatan, para pihak akan bekerjasama dalam hal pembinaan pendidikan dan pelatihan sosial keagamaan seperti tahfidz, qira’ah dan seni islam, penyuluhan terhadap pengurus dan anggota utamanya dalam hal penanaman nilai-nilai spritual sosial keagamaan.

Para pihak juga bekerjasama mengadakan kegiatan pembinaan baik berupa ceramah agama, workshop, maupun pelatihan-pelatihan, penyuluhan, baca tulis qur’an serta penelitian dan pengabdian masyarakat yang relevan dengan misi STAI Al-furqan Makassar dan IAI Muhammadiyah Sinjai.

Kapala Biro Humas STAI Al-furqan Makassar, Kamaruddin, S.Pd.I., M.A mengatakan bahwa MoU tersebut bukan hanya bagian institusi tetapi juga ada beberapa prodi dan pascasarjana.

“Ada beberapa MuO yang kita jalin kerjasama dengan IAIM Sinjai, 1 institusi, 3 program studi, dan 1 pascasarjana”, ucapnya.

“Adapun 3 prodi tersebut yakni Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), dan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI)” tutupnya.

Adapun unsur pimpinan STAI Al-furqan Makassar yang turut hadir dalam kunjungan tersebut ialah Dr. St. Habibah S.Ag., M.Hum., MA (Ketua STAI Al-furqan), Dr. Muhammad Tang, S.H.I., M.S.I (Waka I) , Dr. Ismail, S.Pd.I., S.H., MA (Waka III), Dr. H. Muchtar Nuhung, M.Ag (Direktur Pascasarjana), Muamar Asykur, S.Pd.I., MA (Ketua P2M Pascasarjana).

Penulis : Muhammad Yusuf Putra
By : Digital Media Al-Haq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *